Twenty Things ‘Bout sasphire


20

awalnya di tag temen baru terus eksplore, ternyata yang memulai Kaput. yah yang namanya dunia blogging emang sempit banget ya. udah blogwalking jauh-jauh, terus nanti ketemu seseorang yang familiar terus akhirnya “Ealah… si X gabung di blog Y toh?” dan gumaman-gumaman lain. game-nya seru sih, buat aku pengen langsung nyoba. lumayan kan bulan Juni jadi ada arsipnya nih bloh. muehehe.

oh iya tanggal 12 Juni blog ini ulang tahun lhooo (ya terus?)

owkey daripada banyak omong, Here we go!

  1. Your real name?
    • Syarifah Al-Addawiyah. Iya tahu. Jauh banget dari panggilan Sasa. Sebenernya pengen nulis kalo real name-ku Sasa Anwar… yah tapi nggak jadi deh. Nama di akte kelahiran juga Syarifah Al-Addawiyah kok. Sasa Anwar itu nama kesukaan aja
  2. Your current pen-name? When do you start using your current pen-name?sasphire only text resize
    • sasphire, s-nya kecil ya. (tapi keseringannya aku salah nulis pake kapital tuh, nggak pa-pa deh ya. Efek auto-correct doang kok). terus sejak kapan… lama pokoknya. 2011?
  3. Story behind your pen-name?
    • Sasa + sapphire = and there it goes “sasphire”. Itu nama dari kak Dendi pas dulu aku jadi admin di Facebook Fan Page-nya Sooyoung pas SMP. Wuih lama ya. Dulu sebenernya namaku sasAmazing (alay ya), terus abis gitu ada banyak yang sama, jadinya kan mainstream. Ya udah aku pake sasphire aja pas SMA(walau sebenernya ada band namanya sasphire sih). Bukan karena aku elf sih. Dulu pas aku ketik sasphire di google yang keluar gambar batu permata masa -_-“
  4. Where to find you?
    • Di blog ini, di instagram, di fb (tapi mungkin setahun sekali buka fb wkwkwk), di twitter, di tumblr, di line (@sasphire), di wa… terserah deh ngehubungin dimana. Lebih baik coba klik semuanya ya hoho (maaf aku orangnya miskin followers)
  5. Why do you write?
    • Haruskah ada alasan tentang satu hal yang emang udah jadi passion? Karena kalo satu hal udah jadi passion dan ada pertanyaan “why” tentang itu, jawaban yang udah pasti adalah “because i like it”. Aku sih, muehehe (padahal udah keliling nge-check postingan game ini alasannya variatif banget).
    • Tapi, yeah kalo ada alasan lain… mari kita sebut kalo dengan nulis kita bisa sejenak “kabur” dari dunia nyata. Nih misalkan ya, kalo kamu sebel sama seseorang nyampek pengen bunuh dia, sayangnya di dunia itu haram bunuh orang, akhirnya dengan nulis kamu bisa bunuh dia. Puas. Kamu bisa mutilasi dia, kamu bisa masak jantungnya dia jadi jantung goreng, bisa bikin lidah dia jadi keripik, dan lain-lain. Sounds freak? Yeah you got it, pal.
  6. Where do you usually get inspiration for your writing?
    • Banyak lah. Dari dunia nyata, dari dunia mimpi, dari dunia lembap (kamar mandi dan teman-temannya), dari pengalaman, dari khayalan… yah nggak jauh-jauh dari itu lah.
  7. Genre you usually write?
    • Past: Horror, Thriller. Aku nggak yakin Thriller bakal jadi masa lalu, tapi udah hampir setahun sejak aku nggak nulis thriller, jadi, yeah… anggap aja masa lalu. Dan horror, duh aku suka banget nulis horror, bahkan konsumsi webtoon aja yang horror loh. Tapi efek samping selama nulis dan setelah nulis itu kadang bikin parno sendiri, dan sekarang aku juga udah jadi anak kosan yang tinggal sendirian di kamar, aku nggak berani deh. Bayangin, kalian lagi buat feeling-nya biar nyampek, tiba-tiba ada hembusan angin di telinga kamu, padahal di ruangan kamu nggak ada ventilasinya…. maka apa wujud angin itu?
    • Present: Slice of Life, Surreal things. Aku lagi nggak mau yang ribet sih belakangan ini, jadi mending bikin genre life aja. Awalnya susah, soalnya keseringan buat thriller, tapi lama-lama enjoy aja tuh buat life. Lebih nyaman juga. Yah walau kadang kesannya malah condong ke drama sih -_- sepertinya aku harus mengurangi konsumsi drama. Untuk surreal, nggak ahli banget sih. Ya Cuma suka doang lah.
    • Always: Fantasy, sekarang jarang sih. Tapi selalu ada mood untuk buat fantasy. Apalagi sekarang aku suka banget dengerin musik klasik yang ngasih vibe fantasy (kayak musik yang kalian denger sekarang di blog ini) jadi imajinasinya lumayan lah. Tapi nulisnya sekarang sulit.
  8. Genre you usually read?
    • Tergantung mood kan. Aku orangnya suka baca apa aja kok. Tapi kalo genre utamanya romance, biasanya kuhindari… (efek jomblo cyn)
  9. Current interest in writing?
    • Kalo jawabannya lost interest in writing? (dilempar).
    • Nggak harus neko-neko sih, pengen banget buat kumcer. Tapi target sekarang, duh yang penting feel-nya sama motivasi nulis balik lagi. itu aja aku udah seneng.
    • Nulis artikel ilmiah buat tugas T_T
    • Hand-lettering… hey it’s considered as writing too!!
  10. Your typical favorite fictional character?
    • Nggak paham. Karakter fiksi itu wujud imajinasi penulis kan? Jadi aku suka semua karakter fiksi yang ada. Kalopun ada karakter antagonis yang nyebelin banget, aku malah suka dan salut sama authornya. Berarti si author sukses membangun karakter.
    • tapi kalo harus menyebutkan, ehm, simpel aja deh, karakter-karakter di Les Miserables aku sukasemua. Jean Valjean yang awalnya penuh dengan kebencian, ketika akhirnya dia bertemu seseorang yang menyelamatkannya dari penjara, dia jadi menyadari bahwa cinta itu ada. dan bentuk cinta yang dia miliki itu universal. bahkan terhadap orang yang sudah jahat dengan dia pun, dia bisa baik. Fantine, yang pasrah terhadap kehidupan (terbukti dari lagunya I Dreamed a Dream), entah kenapa suka aja. kesedihan yang dia rasakan itu dalam. Eponine, betapa dia kekeuh dengan rasa cintanya ke Marius sampai dia mati. bahkan karakter Javert aku suka. Eventough he’s a bad guy, he’s a man with his duty. that’s all.
    • intinya sih, selama karakternya kuat, aku suka. aku nggak begitu suka Marius sama Cosette, ehm, karena romansa mereka lumayan keliatan sih. muehehe.
  11. Name your own favorite fiction(s) and the reason why?
    • Fan Fiction: 1) EST ABSURDUM!!! The reason is, euhm, apa ya? Karena itu surreal? Karena main cast-nya mas Minhyun? Well, kalo baca sekarang sih selalu bikin aku ngerasa “nih cerita apaan sih? Cringe-worthy banget”. Tapi proses pembuatannya, ide tentang pohon kebalik, overall suka banget. Narsis nggak sih? Enggak ya. 2) Breakeven. Hahah. Soal balas dendam yang so sweet banget gitu. Walau tuh fic nggak sesuai sama genrenya sih. Seingatku genrenya life, tapi kayak nggak mungkin terjadi di dunia nyata gitu lho. Tapi itu salah satu dari 2 fanfic yang berhasil lolos publish di saladbowl, jadi yeah, you know what i mean. 3) Resolusi 5 Kata muahahahaha. Ketika kalian baca kalian bakal tahu alasannya owkey?
    • Original Fiction: 1) Perfume... wkwkwk… karena genrenya family sih. 2) On My Own. Walaupun nggak lolos publish tapi aku puas aja. Yah pokoknya puas. Soalnya aku udah lama nggak nulis, terus akhirnya kambek dengan ori-fic. Itu mengharukan :”)
  12. It might sound narcistic, but what’s something special from your writing?
    • Boleh nggak sih jawab “nggak ada yang spesial deh”?
    • Kalaupun ada, mungkin selalu ada aspek dark ya? Nggak semuanya, tapi kebanyakan ceritaku emang dark.
    • Diksi?
  13. Aspects you still feel lacking?
    • Diksi. Muahaha. Aku nggak yakin ada yang bisa mengidentifikasi karyaku dengan baik. masih belajar nih, cari-cari gaya tulisan yang “Sasa banget”.
    • Karakter.
    • And x factor?
  14. Biggest challenge you’ve ever encountered when writing something?
    • Cerita bersambung. Makanya kalo disuruh buat novel aku angkat tangan. Sebel banget penerbit jarang mau nerima kumcer.
  15. About your writing, what do you want to accomplish next?
    • I don’t exactly know. Kayak yang aku tulis sebelumnya, aku kurang motivasi belakangan ini (blog sepi, nggak ada yang nanyain via sosmed, tugas, nggak ada yang inget kalo ada author namanya sasphire). Bukan karena writers block. Emang faktor internal sih.
    • Jadi… anggap aja “get my motivation again to write a fiction” is my next accomplishment ya.
  16. What is something you usually avoid when writing?
    • Hahaha… apa ya? Aku orangnya cuek sih… kalo nulis tetiba publish gitu aja. Ehm… tapi mungkin kalimat yang berbelit-belit. Yang ngalor-ngidul-ngetan-ngulon nggak ada ujungnya.
  17. What is something you really want to improve from your writing?
    • Everything i need. Aku tahu nggak mungkin jadi yang sempurna, tapi mau jelasin satu-satu capek beb. Kuringkas jadi satu kalimat itu aja. Everything i need.
  18. Do you have other interest aside from writing? And reasons why?
    • Kalian liat beranda blog nggak? Kalo enggak, yah, sedih. Jawabannya di depan padahal (ngek).
    • Drawing, Doodling, Handlettering. Satu paket soalnya menurutku satu jenis aja sih 3 hal itu. Intinya coret-coret. Entahlah, efektif aja buat ngelepas stress. Coba aja nggambar abstrak.
    • Design. Always. Dulu sempat pengen give up karena suatu hal, tapi entahlah ada aja yang bikin aku bersatu (?) dengan design. Jadi ya udahlah yah. Emang udah jodoh mau gimana.
    • Singing. Yeay. Bukan buat jadi profesional sih, hobi aja. Tapi suaraku bagus kok. Suer. Kalo nggak percaya, hubungi via line aja. Kukasih VN (hassek) (kode keras pengen di add)
  19. If you have ability to master one skill in one night, what skill will you choose?61d5bdffd23f17e1e8c565f3d4cee4e2
    • FIGURE SKATING. Spin, jumps, spiral… doohh.. pengen banget. Cantik banget. Tapi kalo buat dipelajari sungguhan aku nggak yakin. Umurku sekarang udah telat banget buat belajar figure skating. Udah nggak fleksibel, takut jatoh lagi. tck.
  20. Protips from you to whomever read this?

 

drseussnotsogoodstreet

 

kuberi wejangan dari dr. Seuss aja yah…

 

 

 

 

 

 

and finally it’s over… thankies buat yang udah nge-tag.. ngelepas setress walau sejenak. now… nge-tag 10 orang ya? aku kan nggak ngerti siapa yang udah siapa yang belom :” untuk sementara 6 dulu deh

kak azura dan dek fikha, dek waijimaji (wkwk), dek mizuki, kak nyun, sama dek Mona yuhuu

One thought on “Twenty Things ‘Bout sasphire

  1. halo kak sasa~
    wkwk~ autocorect emang nyebelin :” pas ga butuh dia kapital sendiri :” pas dibutuhin dia malah pergi /?/ *apaan sih mel*
    rrr…. ngomong-ngomong kak sasa serem ya ._. rebus jantung itu aku ga kepikiran😄 kalo diblender sih iya :”v *sama saja*
    plis dunia lembab kok aku ngakak ya😄 tapi emang sih dunia lembab ini pemberi inspirasi yang utama *untuk aku sih XD*
    waks😄 kak sasa kode banget itu~ aku add line ya😄 nanti kirim vn loh beneran wkwkwk
    keep nulis ya kak sasa ^^

What Do You Think About it?

