A Note to…


blog

Kemaren buka dasbor akun tumblr, terus ketemu postingan itu, aku jadi kepikiran buat postingan yang sama… tapi yang jelas versiku ya…

Buat visitor lama yang sudah jarang mengunjungi blog:

aku tahu banget udah banyak perubahan di blog ini, karena yang punya blog juga sudah berubah. Hoho… berubah dalam arti yang (menurutku) bagus lho ya. Dulu aku buat blog ini pas tahun 2012, masa pubertasku, masa-masa labilku pas baru masuk SMA. Sekarang sudah 2016 dan aku udah semester 2 (yuhuu). Waktu cepat berlalu men, dan kita nggak mungkin kan stuck di wilayah yang sama, meskipun kita pengen untuk tetap berada di zona nyaman kita?

Dulu aku sering buka request poster ff karena kurang kerjaan (ya ampyun, ketika aku bersih-bersih file blog dan menghapus semua postingan-postingan geje di masa lalu, aku jadi malu sendiri T_T aku dulu bangga banget sama editan abal-abal begitu… heran), tapi sekarang aku juga banyak kerjaan di real life. Maksudnya, ketika SMA aku ngentengin semua hal gitu. Semacam “ah gurunya nggak bakal tega ngasih nilai 75 di rapot. Pokoknya absen kita nggak bolong kan beres” jadi kalo ada tugas selalu kebiasaan di pending. Ujian sebisanya (YANG PENTING PROSES. TITIK.). Tapi karena sekarang masa kuliah udah bener-bener berbeda, dan aku juga harus mulai aktif di kegiatan ekstra (yang sebelumnya nggak pernah aku lakukan pas SMA) aku jadi nggak sempat mikirin hal-hal semu macam request poster dan lain-lain. So sorry.

Dulu sering banget buat FF dengan main cast EXO (HAH. Aku masih ingat kok kalian follow blog aku karena BaekYoung Story, ato kalo enggak EXO in Love, ato kalo enggak LITGF. Ya kan?), karena dulu teman di dunia nyata aku hampir nggak punya dan Cuma bisa berimajinasi, gimana ya, kalo mereka kenal aku? Gimana ya kalo mereka konser di Banyuwangi aja nggak di Jakarta, terus ketemu aku, terus sering apdet status aku di tag? Tapi balik lagi, sekarang real life lebih asyik. Oke, aku masih suka mas Minhyun tapi nggak se-intens dulu lagi. istilahnya, udah bisa mikir lebih realistis lah.

Dulu ceritaku bahasanya ringan, mudah dipahami. Tapi sekarang condong ke diksi yang berat. Wuiihh bahkan aku nggak nyangka ada yang berpikiran begitu :”) tapi kalo ini lebih ke nature sih menurutku. Karena dulu aku ngarang full imajinasiku aja, tapi sekarang aku udah sering eksplor ke blog-blog lain (ya sebut aja IFK, Saladbowl, fiksilotus), jadi kayak kebawa arus. Iya nggak sih? Kalian yang juga suka nulis kayak gitu juga nggak? Selain itu, aku juga pengen bangun style nulisku sendiri, yang bikin orang ngeh siapa aku (Sasa Anwar or Sasphire) hanya dengan baca cerita tanpa harus baca siapa nama penulisnya. Semacam “oh ini punya Sasa nih”, “ini Sasa banget ini”. Jadi maaf ya kalo kesannya aku nggak konsisten :”) tapi aku juga menyesuaikan sama genrenya sih. Kalo genre-nya berat ya agak berat juga diksinya, kalo ringan ya… you know lah.

Dulu aku aktif banget balas komen kalian satu-satu. Tapi sekarang, ya ampyun, sempat buka blog aja udah seneng. Jadi maaf kalo aku Cuma bisa ngasih bintang ke kalian satu-satu. Pengen banget balas komen kalian kayak dulu.

Jadi dengan berbagai perubahan, bisa jadi kalian, kakak-kakak ataupun adek-adek merasa risih dan nggak mau balik lagi ke blog ini. Nggak pa-pa sih, it’s up to your choice. Yang jelas, makasih banget buat kalian yang udah pernah nemenin aku. Tanpa kalian, bisa jadi blog ini udah ilang sejak dulu.

Makasih buat kalian yang Cuma sekedar ngunjungin blog, apalagi pas dulu BaekYoung Story masih ada (dulu blog ini pernah tembus 1800+ views lhoo… tapi sekarang bisa dapet 50 sehari udah seneng). Entah kalian Cuma seliweran atau baca sampe tamat, aku bener-bener berterima kasih atas apresiasi kalian. Maaf juga sampai kapanpun BaekYoung Story nggak akan lanjut. Sebenernya kan udah tamat tuh cerita, tapi karena aku terkontaminasi sama Nice Guy, jadinya aku lanjut dan malah larinya ke drama nggak ke teenlit -_- maklum masih labil pas itu.

Makasih buat kalian yang udah ngeklik follow (pada jaman dahulu kala pas masih aktif nge-blog). Notifikasi bahwa blog ini difollow orang itu aja aku udah seneng luar biasa :”)

Makasih buat kalian yang dulu sering kasih komen dan like. Kalian penyemangat buat aku (meskipun Cuma di daebak thor-in tapi aku udah seneng luar biasa).

Buat visitor lama yang (mungkin) masih sering ngunjungin blog:

Duh kebaikan kakak-kakak adek-adek sekalian tak terkira banget. Entah kalian siders entah kalian tebar like entah kalian kasih komen, tapi kalian masih nemenin aku sampe sekarang. Bahkan sampe ada komen yang bisa mengidentifikasi perubahan cerita aku di dulu sama sekarang, itu makasih banget (peluk peluk). Meskipun aku jarang nulis EXO lagi dan (agak) sering buat orific sekarang, tapi kalian masih sempat ngunjungin blog ini dan aku apresiasi banget nget nget itu. Kak ksaena terutama. Support kalian tentu aja aku butuhkan untuk terus berkarya.

Well, aku emang bilang kehidupan di dunia nyata lebih asyik. But, blog itu tempat utama bagiku untuk berkarya. Dari dulu nggak berubah. Kalo aku nggak punya blog, aku nggak punya kenangan kalo aku pernah labil (?). kalo nggak ada blog, hidupku dulu pasti flat banget. Kalo nggak ada blog, aku nggak akan tahu bahwa di luar sana ada orang-orang yang suka sama karyaku dan bisa bantu aku untuk bisa jadi lebih baik. cita-citaku buat jadi penulis pasti tercapai suatu hari nanti, dan pasti itu semua berkat bantuan kaliann..

Terima kasih bangettttt… bahkan aku nggak tahu kata terima kasih aja cukup atau enggak untuk balas kebaikan kalian.

Buat visitor baru:

Hey Geiss!! Aku nggak ngerti kenapa kalian bisa terdampar ke blog ini, nge-klik beberapa cerita (atau bahkan curcolan) dan, entah secara niat atau secara tak sengaja nge-klik tab follow.. tapi aku seneng banget akan keberadaan kalian dan all i can say is… Welcome to my World! Maaf banget kalo nanti kalian dibohongi oleh blog ini haha… jarang apdet, nggak pernah berkarya… Cuma banyakin curcolan (like now, yeah).. yah tapi namanya juga personal blog kan ya…

Dan sekali lagi, maaf banget kalo kalian kasih komentar tapi aku nggak balas komentar kalian dan Cuma kasih bintang :”( aku tahu itu kurang ajar, makanya sekarang aku pikir rasanya kok nggak adil kalo aku nuntut komen kalian tapi aku nggak bales komen kalian. Aku takutnya malah bikin kalian sakit hati juga ketika kalian komen panjang-panjang tapi aku Cuma balas “makasih ya…” balik lagi, aku nggak begitu punya banyak waktu luang untuk balas komen kalian. Tapi yang pasti terima kasih atas segala review kalian… atas like kalian…

Yang jelas, jangan sungkan-sungkan untuk ngajak aku kenalan, nggak usah takut. Aku nggak nggigit kok orangnya (?). Untuk kenalan lebih lanjut silahkan hubungi nomor di bawah ini (abaikan).

Maaf kalo blog ini suka gonta-ganti tema. Anaknya emang labil soalnya. Dan yang penting, selamat menjelajah… maafkan atas segala kegajean di blog ini.

Oh iya.. kalo mau kasih review… ehm… boleh di postingan blog ini, boleh di akun sosmedku. Yang jelas kalo di akun sosmed pasti lebih fast respon kan? Apalagi kalo line hoho (kayak ada yang nge-fans ke kamu aja sa) (iya maaf aku anaknya emang songong + ngesok).

Buat Siders:

Dan untuk para siders.. duh lelah juga aku menangani kalian. Kalian sering buat aku sakit hati gitu loh :”D oke aku bisa paham kalau blog ini memang sepi banget dan nggak meyakinkan, membuat kalian mikir kalo blog ini nggak worth it banget. Bisa juga kalian Cuma nge-klik asal dan baca paragraf pertama udah ilfeel jadi kalian close tab. Buat yang ini nggak masalah deh.

Tapi bagi yang udah baca… hoho.. no comment deh.

Tapi kalian tahu nggak sih rasanya ketika liat karya author lain di blog sebelah readers sama like-nya lebih banyak dari punya kita (misal deh, author A sama aku upload di blog yang sama), Sakit hati nggak? Sakit. Makanya dulu sempat lama banget aku nggak apdet cerita. Kayak yang mikir pesimis gitu loh karena kalian, semacam “ngapain apdet orang nggak bakal ada yang nge-like?”

(Walau bisa jadi faktor yang lebih dominan adalah karyanya si author A emang terpercaya lebih bagus dari karyaku, atau bisa juga si author A pake cast yang emang lagi terkenal sementara aku berkutat sama mas Minhyun)

Tapi sekarang (bohong banget juga sih kalo aku bilang aku udah legowo sepenuhnya), aku sudah merelakan keberadaan kalian kok. Lumayan kan, nambah statistik blog sedikit. Makasih banget, aku mengapresiasi setiap langkah yang kalian lakuin buat karyaku (kecuali penjiplakan loh ya).

Karena kalian juga aku tergerak buat bikin cerita yang like-able. Untuk sesaat melupakan genre-genre dark yang dulu aku kuasai (horror, thriller surreal, pokoknya yang gelap-gelap lah) dan kembali ke genre yang dulu pernah aku pake (teenlit romance ala BaekYoung Story) Cuma untuk dapat satu like dari kalian. (Bahkan aku sampe ke tahap itu loh pasrahnya. Nggak mengharapkan komen kalian, tapi setidaknya like). Karena kalian aku bisa bikin cerita dengan berbagai genre. Walau sekarang agak buntu sih.

Buat IFK Fella’s:

Hai!! Ya ampun udah kangen gitu sama kalian, padahal kayaknya baru kemaren out dari grup. Haha. Pengen banget balik ke grup line, but yeah, kadang aku udah merasa asing sama dunia kalian gengs.. maafkan.. mudah-mudahan kalian nggak salah paham :”)

Blog yang bener-bener bikin aku punya virtual family itu ya Cuma IFK gengs. Suer.

Karena IFK juga aku bisa ngembangin bakat dari yang awalnya gaje sampe sekarang lumayan enak dibaca. Coba aja dulu aku nggak lolos, mungkin aku masih berkutat sama diksi-diksi kekanakan yang dulu pernah aku pake hoho…

Buat Kak Amer… you’re the most memorable person for me in IFK…duh meskipun kita nggak seakrab dulu tapi setidaknya aku masih punya kenangan.. curhat ke kak Amer nyampek menuhin message box-nya di twitter.. curhat-curhatan soal FF (haha Est Absurdum nggak bakal ada tanpa bantuanmu kak.. love yoy), duh kayak kakak yang reach-able gitu loh… sedih sekarang nggak sedeket dulu :” yang bikin aku kagum adalah, bahkan dengan segala kesibukannya dia as a college dia masih produktif di IFK dan sering banget dapet MOTW di IFK. Anjay gewlaa…

Buat Fikha… ciee yang udah punya buku sendiri… ehem… sayang harganya nggak sesuai badget anak kosan say… :” tapi kamu direktur yang keren banget, bikin aku kagum sama ke-konsisten-anmu dalam jaga blogmu tercinta. Dengan segala konsep yang udah improve banget dari sejak dulu awal aku tahu IFK sampe sekarang… duh warbyasah… setiap momen di IFK jadi memorable karena direkturnya kamu say… makasih banget udah kasih aku kesempatan untuk join IFK.

Buat Kak Eci… makasih banget loh kak kadang suka kasih info soal penerbit yang mau nerima kumcer.. sharing lomba cerpen.. kak Eci terbaik deh.. abis ini bisa dong aku teror dikit-dikit di Line.. bahas apa aja hoho.. jaga silaturahmi (?) (kemudian digorok)

Buat Kak Azura, Kak Nyun, Kak Put, Kak Tiwi, Kak Andri, Kak bayu, Dhila, Dyah (si bocahangel yuhuu) dan semua IFK Fellas yang nggak bisa aku sebutin satu persatu (bukan karena kalian nggak memorable, Cuma aku males ngetik panjang-panjang karena tugas-tugas yang menuntutku menulis manual menunggu T_T, bisa jadi karena kalian member baru dan aku belum sempat kenalan sama kalian), makasih kalian udah ada di IFK dan jadi anggota IFK Family.. setiap review dari kalian, like dari kalian itu benar-benar berarti buat aku… karena kalian aku selalu berambisi untuk buat cerita yang bisa narik perhatian kalian untuk komen, kalo perlu jadi MOTW sekalian (duh ceritanya nih anak caper ehm ehm) ato mungkin sekedar like. Karena dapet review dari kalian itu (sampe sekarang) masih ngasih efek yang “wah”. Meskipun aku bilang kita family, tapi jauh di dalam hati aku menganggap kalian itu jauh lebih expert dari aku, hingga komen-komen kalian bisa jadi penyemangat biat aku terus, terus dan terus berkarya.

(betewe jaman tahun nggak enak, pas aku nge-tag beberapa diantara kalian via twitter buat nge-review cerita aku, anggep aja hangus ya ._.v)

Akhirnya… terima kasih banget buat semua orang yang sudah jadi bagian blogku… viewers, visitors, followers, likers, readers dan siders… aku bisa bertahan selama hampir 4 tahun di blog ini karena keberadaan kalian. Sampai ketemu di lain waktu!

What Do You Think About it?

