1st Asking Board : Asking Question about “Editing”


Oke.. kali ini Sasa hadir bukan bawa curcolan, gak bawa PSD apalagi pamer Wallpaper, dan mungkin aku gak bawa FF (emang gak bawa inih, bukan mungkin).

tapi, kali ini Sasa bawa Forum Tanya Jawab (yang kalo di blog ini namanya Asking Board) pertama berkaitan dengan “Editing” ^^

kita saling sharing, saling tanya-menanyai (?) soal edit photo. untuk cover, header, gif, fan-art, wallpaper, PSD, terserah kalian deh. dan setiap bulannya aku bakal buat Asking Board lain dengan tema yang beda pasti.

peraturan? pasti ada lah, tapi cuma dikit kok : nggak usah komen nye-pam (berarti berkali-kali, aku pasti jawab kok. kalo kalian komen banyak kali aku malah males jawabnya), dan juga gak kasih komen atau pertanyaan yang gak berkaitan dengan editing. misal : “Open Your Mind kapan lanjutnya Sa?”, atau “caranya bikin slideshow itu gimana?”

kalau yang dibahas cuma editan, ya udah, kalian tanya seputar editan aja, gak usah tanya yang lain. kalau kalian juga tanya tentang cara pembuatan cover milik Sasa yang ada di cover gallery, silahkan. pasti Sasa jawab semampunya.

tapi kalau kalian tanya tentang tehnik cover dari artworker lain, sorry aja, aku gak akan jawab -_-

oke.. Asking Board ini dibuka selama Agustus. Happy Reading and Asking ^^

30 thoughts on “1st Asking Board : Asking Question about “Editing”

  1. helo. sebelumnya panggil aja aku nyun.🙂
    aku pas liat postingan ini, jadi tertarik. aku pengguna photoshop cs3, dan baru belajar edit cover buat FF juga, ada beberapa yang pengen aku tanyain. mohon jawabannya ya ^^

    1. https://sasphire.files.wordpress.com/2012/09/memories-in-autumn2.jpg di link ini ada tulisan hangul nya kan? aku mau tanya nama font nya apa? bagus banget soalnya.

    2. https://sasphire.files.wordpress.com/2013/01/honey-trap.jpg terus di poster ini, warna background nya kan gradient terus ada grid juga, yang mau ditanyain itu grid nya download dimana? atau bikin sendiri? kalau bikin sendiri, caranya gimana?

    3.https://sasphire.files.wordpress.com/2012/09/mine4.jpg, sebelumnya aku mau bilang, ini keren loh. bagian segitiga yang jadi background title nya itu keren, ini ada tutorialnya gak? efek efek bokeh plus sinar sinar kecilnya gimana bikinnya? pake texture lagi atau png atau brush?

    4. https://sasphire.files.wordpress.com/2012/09/vacation-day.jpg, kalau yang ini, aku mau nanya texture nya. gambar rumah rumah yang jadi background itu nyari nya dimana ya? keyword nya apa? atau kamu bikin sendiri ?

    oke deh, sekian. maaf kebanyakan nanya. overall, aku suka art kamu. keren dan simple. terima kasih banyak udah bikin blog yang luar biasa🙂

    1. ok.. makasih udah mau berpartisipasi di sini😉

      1. namanya Nanum Script. cari di google dengan keyword Nanum korean font.
      2. grid itu buat sendiri, bisa dilihat caranya di tutorial pertama \ku di blog ini “beetwen dusk and dawn”.
      3. untuk efek bokeh itu aku pake texture, bisa di cari di deviantart dengan keyword “Bokeh Texture”. untuk sinar, itu pake PSDnya. kalo segitiga… itu aku nge-crop foto orangnya kok, itu bukan shape. aku malah gak nyadar kalo itu bentuknya segitiga😆 mungkin lain kali aku buat tutorialnya, tapi gak persis kayak gitu ya😉
      4. kamu bisa cari di wallcoo.net, di sana banyak wallpaper bagus yang akan membantu kreatifitas kamu dalam ngedit. oh iya… kategori gambar rumah yang kamu maksud itu mungkin ada di kategori “Art and Painting Wallpaper”.

      Blog yang luar biasa? ._. luar biasa apanya?😄

      1. hai sasa. maaf baru sempat dibales. jadi gini, MAKASIH banget buat jawabannya. bokeh texture, grid sama wallpapernya sudah sukses aku aplikasikan di cover cover aku yang lain :p

        makasih buat ilmunya. ini contoh jadi header yang aku buat dan aku pasang di blog :
        http://kyrfanfiction.wordpress.com
        hahaha. makasih banyak ya.

  2. Anyyeong,, Sblumnya, kamu bisa manggilnya aku Shin ^^
    Eon, kbtulan ada yg aku mau tanyain sih.. Hehe. To the point aja yah dan mohon dijawab ^^

    1. Biasanya aku ngedit WP atau yg lainya suka nge-blur eon, Tpi ada tmenku yg nyranin pakek HD, biar lebih tajem gitu. nah itu emg bner eon?? Kalau iya, gimana caranya ya??

    2. Oiya, aku smpet liat2 wallpaper eon, bagus bnget. Biasanya dapet clip art kaya gitu dmna ne eon? Kok bisa bnyak bnget?? Juga keywordnya apa?? ._.

    3. https://sasphire.files.wordpress.com/2012/09/baekyoung2.jpg
    eon, efek kaya pelangi itu bkin sndiri atau dpet dri effect? Kalau dpet dri effect nmnya apa eon??

    4. https://sasphire.files.wordpress.com/2013/04/litgf14.jpg
    Sama clip art2 dsini keyword apa eon?? Bgus2 bnget smuanya >.<

    Mian kalau ribet atau kbnyakan heheeh😀
    Terima kasih bnyak

    1. ok.. makasih partisipasinya Shin😉

      1. kalo mau edit HD, usahakan ukurannya gede. kalo biasanya kamu ngedit ukurannya kurang dari 500 dan selalu nge-blur, berarti ukurannya kamu gedein. di atas 500. oh iya, setiap kali mau buka file baru di photoshop, kan suruh ngisi kotak yang ada kata “Width, Height, Resolution.” biasanya Resolution itu isinya 72.. nah, itu kamu ganti, minimal 300.🙂 mungkin kamu bisa lihat beberapa tutorial yang ada di blog ini? atau yang ada di blog lain?

      2. bukan clip art itu, tapi PNG. kamu tinggal cari di google, kalo pengen gambar yang lucu-lucu, cari aja PNG Pack cute, kalo pengen abstrak, cari aja PNG Pack Vintage/Abstrak, sesuai selera😀

      3. itu pake PSD pribadi, dan gak aku upload😄

      4. oh, itu aku cuma nyari “PNG Pack” gitu. aku juga lupa download dimana.. udah lama soalnya, mianhae T_T

      kamu Newbie? ._.

    1. Oiya, ketinggalan 1 pertanyaan. >.<

      Eon cara bkin poto gif gmana yah?? Di photoshop kan bkinya? boleh tau cranya eon?

      Mian kalau ribet skali lagi *bow

  3. Eon confrim fbku yak! Caroline Lieanto
    Terus mau tanya ngedit cara ngedit header (sistar) gif itu gimana? bisa kasih linknya >.<
    Sebenernya buat PSD itu gampang atau sukar sih? alasannya apa?
    Itu aja PSD eon bagus banget ~~

    1. aduh, gimana ya, aku gak tahu link-nya sih, sebenernya kalo kamu mau nyari, di google itu banyak tutorialnya, kamu bisa cari dengan keyword “cara membuat header gif dengan photoshop” ato semacamnya itu. di kpopgraphicsindo.wordpress.com juga ada..

      Buat PSD? gampang kok, kalo kamu mau belajar, semuanya bakal terasa asik… kadang yang bikin kita capek adalah rasa males, (believe me, itu sering terjadi padaku -_-) selain itu, hasil PSD ketika udah selesai buatnya pasti bikin rasa puas tersendiri gitu, coba deh… kamu bereksperimen sendiri, baru kalo udah mentok, cari tutorialnya. caraku biar bisa photoshop sampe sekarang ya cuma itu ^^

      makasih ya ^^

  4. Halo, kak! ^^
    Aku mau tanya, tapi buanyaaaakkkkk banget. Soalnya aku masih newbie. Mohon dijawab ya..

    1. https://sasphire.files.wordpress.com/2013/04/golden-hours.jpg
    itu cara bikin kotak yang mengelilingi tulisan Golden Hours-nya kayak gimana, kak?
    2. https://sasphire.files.wordpress.com/2012/09/chen.jpg
    fotonya Chen-OC itukan kayak dibatasi sama sesuatu gitu. nah, itu cara bikinnya gimana, kak?
    3. https://sasphire.files.wordpress.com/2012/12/white-christmas-jinki.jpg
    itu nama fontnya apa, kak? soalnya aku naksir banget sama fontnya, tapi aku lebih naksir sama Nickhunnya._.
    4. https://sasphire.files.wordpress.com/2012/09/my-way2.jpg
    aku itu punya perang sama yang namanya ukuran kalo udah buat yang kayak gitu. nah, itu kakak buatnya gimana, kok ukuran potongan foto castnya bisa sama?
    5. https://sasphire.files.wordpress.com/2012/09/memories-in-autumn2.jpg sama https://sasphire.files.wordpress.com/2013/03/open-your-mind.jpg
    di dua poster itu, kakak pake psd apa? aku boleh minta nggak? soalnya menurutku, disitu efek autumnnya kerasa banget.
    6. https://sasphire.files.wordpress.com/2013/05/wait.jpg
    itu kakak buatnya gimana? kok foto castnya bisa menyatu gitu sama texturenya?
    7. https://sasphire.files.wordpress.com/2012/09/litgf3.jpg
    cara buat yang bulet-bulet yang isinya foto-foto itu kayak gimana, kak?
    8. kakak kalo misalkan cari texture itu biasanya dimana?

    Maaf, kalo kebanyakan._.v Soalnya kalo nggak tanya ntar malah penasaran sendiri, hehehe..
    Kalo misalkan aku tanya-tanya lagi ke kakak, nggak apa-apa, ‘kan?
    Makasih.

    1. 1. itu pake font kok, kamu cari di dafont(.)com, keywordnya Calligraphic Font, atau Frame Border font, nanti akan ketemu…
      2. filter >>> Pixelate >> Mosaic. itu secara garis besar sih, kapan2 kalo sempat aku buat tutorialnya deh.
      3. waduh, apa yah? fontku ada banyak banget, aku gak inget yang itu. sebenernya kalo kamu mau, kamu cari aja di dafont, banyak banget font bagus disana, kamu bisa download yang kamu suka.
      4. pake rules. kamu bisa baca tutorial penggunaan rules itu di tutorial-ku yang Jessica : Between Dusk and Dawn.
      5. salah satu PSDnya Maknae Twins, ada di gallery PSDku, tapi yang lainnya aku lupa.
      6. itu gak nyatu sama texture-nya kok… -_- itu cuma cari texture yang warnanya hitam putih, terus bagian hitamnya dihapus, gambarnya di taruh di area hitam yang dihapus tadi.
      7. di google.

      gak pa2, tapi jangan tanya tentang font ya?😄 aku gak inget sama nama2 font punyaku yang udah 200-an lebih

  5. Hei, Aku mau tanya boleh ? _ Mian NEWBIE :v jadi tanyanya Buanyak ‘-‘

    1. https://sasphire.files.wordpress.com/2013/05/open-your-mind.jpg
    kasih tutorial bikin Cover FF happy yang bagus dong .-.
    2. https://sasphire.files.wordpress.com/2013/04/protect-the-princess.jpg
    Itu Backgroundnya kok bisa ada 4 buah gambar bunga? caranya gimana?
    3. https://sasphire.files.wordpress.com/2013/05/love-is-painful.jpg
    Nama fontnya yang Painful apa?
    4.https://sasphire.files.wordpress.com/2012/09/bad-bbh.jpg
    Cara bikin shape kaya gitu gimana?
    5. https://sasphire.files.wordpress.com/2012/09/open-your-mind-4.jpg
    Bikin effect bokeh yang ada warnanya itu bisa dibikin tutorial ?
    6. https://sasphire.files.wordpress.com/2013/05/miyoung.jpg
    Cra biar shape yg lingkaran nge blur gimana?
    7. https://sasphire.files.wordpress.com/2012/09/potion-love.jpg
    nama font “Potion” & “Love” itu apa yak? bagus banget :3

    maap banyak banget ‘-‘ mohon kerjasamanya ya mak ? xD sekalian tanya FBnya Apa xD

    1. 1. ehm… kalo ada waktu ya😄

      2. itu emang waktu aku download gambarnya kayak gitu, cari aja flower texture di google

      3. Before the Rain.

      4. coba cari di PSDbox(dot)com

      5. itu cuma main brush kok… bukan texture… kamu harusnya aktif cari website tentang tutorial photoshop buat pemula… aku dulu gitu belajarnya….

      6. sama kayak poin 5

      7. lupa namanya apa… soalnya fontku banyak. tapi, kalo aku ya, sekalinya tertarik sama font yang ada di cover lain, pasti langsung cari di dafont sampe ketemu… ato cari di website penyedia font lainnya…😉 dari dulu aku selalu berburu font yang banyak, biar bisa make sepuasnya…

        1. coba aja ^^ nanti bakal tahu gampang ato susah.. saran ya, sebelum coba, jangan bayangin susah gampangnya dulu. bayangin aja kalo kamu bisa. nanti hasilnya pasti memuaskan ^^

        2. coba aja ^^ nanti bakal tahu gampang ato susah.. saran ya, sebelum coba, jangan bayangin susah gampangnya dulu. bayangin aja kalo kamu bisa. nanti hasilnya pasti memuaskan ^^

  6. Well, aku new visitors disini.
    Aku mau nanya dimana bjasanya dpt PNG bagus2 selain DA? Sometimes DA agak aneh PNGnya. Yang cocok buat fancy ya🙂

    Kamu punya rekomendasi tempat font handwriting yg cocok buat sad poster? sama brush juga hehe

    Sebenrnya mau nanya byk. berhubung aku onl d hp. hehe segitu dulu ajaaaa ;D

    1. ehm? dimana ya? aku sih selalu cari di Deviantart, tapi kamu bisa cari di blog-blog artworker lain yang biasanya buat PNG, kayak rarastory@wp, icaqueart@wp, dan ada yang lainnya, di kpopgraphicsindo@wp juga banyak kok…

      kalo download font ya di website penyedia font. biasanya disana suruh milih kategori, nah, pilih yang kamu inginkan, kalo pengen yang handwriting ya pilih kategori handwritng🙂

      kalo brush, aku sering cari di google, gak hanyya di satu website, aku suka berkelana orangnya😆

      saran, untuk handwriting font, paling bagus itu signerica, soalnya itu font gak kebaca (?)

      ok… makasih udah gabung di asking board ini ^^

      1. Ohhh.
        Aku juga suka ke kpopgraphicsindo kok. Cuman belakangan ini jarang update hehe

        Oh iya.. aku juga suka ke handwriting tp jarang nemu yg sekeceh artwork lain /? lol hhhaha

        Oh signeria ya? nanti aku coba deh ehehe

        Makasih juga udh bantu jawabbbb😉

    1. pake brush lingkaran, warnanya terserah kamu, habis itu layer blend-nya yang awalnya normal di ganti ke screen ato overlay. harusnya kamu baca dulu tutorial saya karena ada tutorial untuk buat semacam itu…

  7. hai sasa unnie. aku visitor baru disini, salam kenal🙂
    berhubung lagi iseng blogwalking dan menemukan postingan ini, aku main kesini deh.
    pertanyaanku ga panjang-panjang, karna pertanyaan dan pernyataan2 diatas sudah sangat membantu sekali^^

    aku mau tanya font-nya ._.
    anyway, aku suka banget sama poster-poster kamu un, keren-keren banget, keep working yaa! ^^
    gamsa~^^

What Do You Think About it?

