[TIPS] Membuat Cover


Untitled-1

kali ini aku bakal bagi tips. soalnya, sekarang aku agak free sih. dan daripada bulan Juni ini nanti postingannya dikit karena aku kebanyakan liburan, makanya aku mau rajin-rajin ngepost sesuatu biar archive-nya banyak gitu. biar keliatan kalo rajin nge-blog (padahal ya enggak).

  1. Cover Horror
    Final Target
    Final Target

    Untuk cover horror, aku yang sebenernya gak terlalu suka PSD pun sering pake PSD hasil download-an atau PSD buatan sendiri. Kita harus pintar memberi efek cover seseram mungkin agar sesuai dengan cerita, agar si pembaca juga tertarik untuk membacanya.
    Tips :
    Warna : Hitam, Merah, Coklat, Abu-abu
    PSD : Dominan warna gelap. keyword untuk dicari di deviantart maupun google : PSD Dark, PSD Coloring dark (Recommended : Hidden Black, PSD Chen, PSD Tao, and another you want)
    Things : Old House, Wolf, Eagle Bird, Cloud Texture, Bloody Brush, and other

    Untuk warna foto cast yang cerah, kalian pake PSD yang tingkat kegelapannya cukup tinggi. untuk foto yang pada dasarnya udah gelap, kalian harus cari background yang sama-sama gelapnya dan hindari pake PSD gelap yang berlebihan karena itu membuat main cast justru tak terlihat

  2. Cover Romance
    Open Your Mind (Part. 3)
    Open Your Mind (Part. 3)

    Cover Romance itu yang paling banyak jenisnya kalo menurut aku. ada Romance-Gloomy, ada Romance-Soft, ada Romance-Fancy. dan tehniknya beda-beda, sesuai makna lah ya.
    Romance-Gloomy, berarti cerita yang ada kemungkinan untuk sad ending, atau ending yang gantung. keseluruhan jalan ceritanya pun menyedihkan atau terlalu mellow.
    Romance-Soft, berarti ceritanya lembut, mudah dipahami, walaupun ada konflik, tapi gak bikin ngotot para pembacanya. setidaknya itu yang ada di cover. karakter masing-masing cerita pun lebih lembut, dan kemungkinan endingnya adalah ending bahagia walau tidak seperti yang diharapkan readers. misal : Awalnya Baekhyun dibunuh dan mati di depan Miyoung. beberapa tahun kemudian, ternyata Baekhyun masih hidup dan bersatu lagi dengan Miyoung. tapi cuma berdiri di depan namsan tower, saling tersenyum, lalu cerita berakhir. gak ada kepastian kalo keduanya bakal nikah atau gak.
    Romance-Fancy. biasanya ceritanya berkutat pada kehidupan sekolah. ada sisi komedinya juga.

    Tips :
    Warna : Pake warna-warna cerah (Kecuali Romance Gloomy, gunakan warna-warna lembut atau warna sedikit gelap)
    PSD :
    Romance-Gloomy : Pake PSD yang gak terlalu cerah, tapi jangan terlalu gelap (Recommended : Can You See My Blue, Hidden White, and other)
    Romance Soft : Sama seperti Romance-Gloomy, hanya saja PSD yang digunakan bisa lebih cerah lagi
    Romance-Fancy : Hindari pake PSD!
    Things : PNG Kawaii, Soft Texture, Soft PSD

    Romance-Soft and Romance Fancy : Kalo kalian pake foto yang sisi lainnya gelap karena kurang cahaya, kalian bisa atur level picture dengan opsi lighten shadows.
    Romance Fancy : Kalian bisa gunakan efek scrapbook, atau kalian crop dengan rapi foto cast yang kalian punya dengan menggunakan selection tool

Romance Gloomy itu juga bisa diartikan cover sad lho ^^

 

24 thoughts on “[TIPS] Membuat Cover

  1. tips ini berguna eon! tapi mataku jeli ya… itu cover open your mind part 3?? serius part 3 eon??? ;A; aku penasaraaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnn~~~~
    anyway, aku juga banyak belajar dari eon untuk buat cover ‘-‘)b walau masih abal” banget, setidaknya ada sedikit peningkatan dari dulu ._.a

      1. udah keluar??? astaga aku gak merhatiin, soalnya beberapa hari belakangan aku fokus ke RL ;A;
        mau baca mau bacaaaa u_u /teleport ke oper your mind/
        oh ya, aku usahain baca deh eonni ^^

  2. Reblogged this on Espresso and commented:
    Bagus nih,buat pemula yang mau tau ‘good trick’ buat poster,atau buat yang udah berpengalaman,tapi kurang puas/pengen buat yang lebih bagus lagi.
    GOOD JOB,SASA!

  3. woah sasa kangen, baru buka blogmu hehe…
    ini bagus banget sarannya, aku juga setuju yang gloomy tuh, soalnya aku lebih suka bikin yang sad hehe…klo fancy punyaku masih rada aneh hehe…

  4. hai, aku mau nanya niih, bedanya cover gloomy dan dark apa ya? terkadang aku bingung krn kedua poster ini sering pake warna gelap..

    thx🙂

What Do You Think About it?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s