Happy Earth Day 2013!!


 

canvas

Ok… postingan kali ini menbahas Hari Bumi yang selalu dirayakan setiap tanggal 22 April, tepat setalh Hari Kartini pada tanggal 21 April. ini emang gak nyambung dengan Hari Kartini karena Hari Bumi adalah Hari untuk seluruh Umat Manusia di Dunia yang merasa TINGGAL DI BUMI, sementara Hari Kartini khusus untuk para Wanita yang tinggal di Bumi Indonesia dan merasa PUNYA PAHLAWAN EMANSIPASI WANITA BERNAMA R.A. KARTINI.

Demi Hari Bumi kali ini, aku cari informasi tentang sejarah hari bumi yang entah kenapa dipilih pada tanggal 22 April, bukannya 15 Januari (ngarep).

Hari Bumi ternyata dicanangkan oleh Senator Amerika serikat yang bernama Gaylord Nelson pada tahun 1970 dan untuk sejarahnya, silahkan klik inih >>> source – klik. Ternyata, tanggal ini bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere yang ada di Utara, dan juga musim gugur di Bumi belahan selatan. Entah kenapa kok bisa pas gitu, yah… mungkin mereka yang merayakan hari bumi untuk pertama kali itu berpikiran bahwa kedua musim itu menggambarkan kondisi Bumi yang sesuai pada saat itu kali ya. untuk selanjutnya aku juga gak terlalu ngerti.

Sebenernya, Hari Bumi itu dicanangkan oleh mereka-mereka yang berkaitan itu ya supaya kita lebih peduli dan lebih mendedikasikan hidup kita untuk Bumi yang telah berbaik hati ke para makhluk hidup karena menyediakan tempat tinggal yang aman, tentram, dan sejahtera. Sebenernya Tuhan udah sayang sama kita, karena kita diberi tempat tinggal yang Luar Biassa Indahnya…. Ada Oksigen, ada Nitrogen, ada gas-gas lain yang dapat membuat kita hidup enak, bahkan ada Ozon yang melindungi bumi dari panas Matahari yang kejamnya minta ampun. Dan kita gak mungkin menemukan bunga Mawar atau burung Perkutut di planet lain, bahkan kita gak bakal bisa hidup di luar angkasa dengan tanpa peralatan apapun dalam waktu hitungan detik.

Tapi, Manusia malah berbuat yang aneh-aneh karena semakin majunya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Seharusnya, dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi itu manusia semakin pintar menggunakannya untuk memperbaiki Bumi yang bener-bener udah tua (Yeah, kalo diitung dari proses terbentuknya sampe sekarang, kira-kira Milyaran tahun yah.. gak tahu juga persisnya), bukannya malah bertindak sewenang-wenang dan makin membuat Bumi semakin capek. Risih juga ketika tadi aku heboh bilang ke temen-temen di SMA “Woy, Hari ini Hari Bumi lho… Selamat Hari Bumi…” Eh, mereka malah nganggep aku orang aneh. Malah mereka gak pernah denger hari Bumi itu apa. mereka berpikir, ngapain memperingati Hari Bumi? Buat apa? Emang kapan Bumi lahir dan kapan Bumi ulang tahun? HELLLOO!!! Kalian sebenernya tinggal dimana seh?!

See? Kita semua Pelajar yang sudah tergerus arus Globalisasi dan gak mementingkan kebaikan-kebaikan Bumi. kebanyakan berpikir untuk terus menggali ilmu lebih dalam, tapi gak ada yang berpikir untuk menyelamatkan bumi lebih dalam lagi. Mereka toh gak asing sama kata-kata “Global Warning”. Banyak majalah, koran, bahkan buku LKS dan buku Paket Geografi kelas X SMA KTSP 2006 membahas itu di Bab Atmosfer. Tapi, toh, mereka tetep gak peduli dan santai-santai aja. Betapa sedihnya Bumi kita sekarang ini.

banyak juga iklan-iklan yang aktif menyuarakan “Cintai Bumi” dan seterusnya. tapi, sekali lagi, masyarakat yang sadar itu juga sedikit. mungkin gak sampe 5 % dari keseluruhan Masyarakat dunia.

Kali menurut aku sih, sebenernya, ada satu kesalahan dari orang-orang jaman dulu yang menginginkan kemajuan di masa sekarang ini. gak sepenuhnya salah, tapi kalo menurut aku, poin utamanya memang di sini : Orang dulu menemukan bahan bakar GAS dari BAHAN BUMI. seperti yang telah kita ketahui dari SD kelas 4 di pelajaran IPA, BAHAN BUMI adalah Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui. Tapi, kenapa dulu penemu bahan bakar itu memilih Bahan tambang yang menimbulkan pembakaran yang efeknya ternyata parah bagi Ozon? kenapa mereka gak merumuskan yang lebih sehat dari itu? Yah… mungkin kalo aku ada di jaman mereka, aku gak bisa apa-apa, tapi kayaknya aku lebih suka kehidupanku waktu masih TK deh… kendaraan masih pake dokar (tahu dokar gak? dokar itu kendaraan tradisional roda 2 dan gak bisa jalan kalo gak pake Kuda), semua siswa SMP dan SMP ke sekolah naik sepeda dan bercanda tawa bareng. aku dulu ke TK malaha cuma jalan kaki. aku dulu 2 KM jalan gak capek. sekarang? aku sudah terlalu dimanjakan oleh kendaraan-kendaraan bermotor, jadi, jalan selama 200 m aja udah capek.

Gas itu juga salah satu penyebab Pemanasan Global yang bisa kalian baca secara lengkapnya disini. untuk para readers and siders-ku, please, baca artikel itu… supaya kalian lebih sadar lagi tentang ini. dan jangan hanya dibaca, DIPAHAMI. aku kasihan sama Bumi yang sekarang tambah renta, tambah rapuh… tambah lemah… tambah remuk… dan aku takut jiga bumi HANCUR.

sedikit hal yang menyentuh aku nulis ini adalah : betapa banyaknya artikel tentang ramalan bumi untuk 20-30 tahun mendatang, yang anehnya gak ada di LKS Geografi, malah ada di LKS Bahasa Indonesia. jujur, aku merinding banget ketika aku baca beberapa kalimat yang bilang “Sistem Sanitasi di Bali sudah tereksploitasi terlalu jauh sehingga air di sungai dan juga air dalam tanah KERING”, trus ada lagi yang bilang “Ikan-ikan yang berada di daerah tropis akan mencari daerah yang lebih hangat lagi ketika air mulai berubah suhunya”. Kita warga Indonesia yang kaya ikan, tapi kalo kayak gitu, apa kita masih bisa kaya Ikan? aku takut kehilangan ikan Lele, ikan Mujair, dan ikan-ikan lainnya. meskipun ikan tawar, tapi mereka tetep aja ikut arus suhu air karena mereka butuh suhu yang pas untuk berkembang biak. kalo enggak, gimana mereka meneruskan garis keturunan mereka (?).

Apa kalian gak ngerasa kalo iklim juga udah mulai berubah di Indonesia? Sebenarnya, aku ngerasa kangen sama Hujan. karena aku suka banget hujan (meskipun aku gak pernah boleh hujan-hujanan, tapi aku suka hujan). Mungkin ada beberapa dari kalian yang inget (atau mungkin cuma aku yang inget), Dulu Musim Hujan itu dari bulan Oktober – April. terus, tahun 2004 itu, mulai bergeser. Dari bulan November – Mei. Nah, belakangan ini, dari Akhir Desember – Awal April. Setidaknya, di tempat tinggalku Banyuwangi gitu. Kasihan para petani yang biasanya berpatokan dengan Musim Hujan, sekarang pasti bingung menentukan waktu tanam, waktu cangkul, waktu panen dan seterusnya. Emang sih, tetep stabil 6 bulan, tapi, yang terakhir ini, malah cuma 4 bulan. gimana kalo lama-lama gak ada hujan? sementara, malah ada sebuah tempat yang selalu kebanjiran ketika Hujan : Jakarta.

Untuk Jakarta yang katanya semakin panas itu udah jelas banget karena Jakarta itu ibu kota negara. KOTA METROPOLITAN. gemerlapnya luar biasa menawan. Tapi, banyak orang yang salah persepsi dan jadinya malah kluntang-klantung gak karuan di sana. Ketika ingin pulang kampung, mereka terlanjur gak punya Uang. sampah juga menggunung sampe 15 ton pertahunnya, sekali lagi, itu ulah MANUSIA!! bukan makhluk hidup lain.

Bahkan polusi juga semakin banyak jenisnya, mulai dari Polusi Udara sampe Polusi Cahaya. Aku benci itu semua!! Bahkan menghitung bintang yang udah jadi hobiku dengan sangat terpaksa harus kulepas karena emang Cahaya bintang terkalahkan oleh cahaya lampu yang lebih gemerlap dibandingkan dengan dulu!! itu ASEM!! Yang aku tahu pasti, aku cuma bisa ngitung 1 bintang tiap harinya, itupun pagi hari : MATAHARI!! itu aja sekarang makin ganas karena OZON juga makin menipis!!

Mungkin ada yang udah baca ini, tapi aku pengen aja re-share, demi hari Bumi :

ini adalah gambaran di tahun 2070, jika kita tidak menghemat air dari

sekarang..

 

Isi surat:

 

Aku baru berusia 50 tahun, tapi penampilanku seperti seseorang berumur 85 tahun. Aku menderita gangguan ginjal serius,karena aku tidak minum cukup air. Aku takut aku tidak punya banyak waktu lagi untuk hidup. Aku adalah salah satu orang tertua di masyarakat ini.

 

Aku ingat ketika aku masih anak berumur 5 tahun, Semuanya tampak berbeda. Ada banyak pohon di taman, rumah dengan kebun yang indah, dan aku bisa menikmati mandi selama setengah jam. Saat ini kami menggunakan handuk dengan minyak mineral untuk membersihkan kulit kami. Sebelumnya, wanita memiliki rambut yang indah. Sekarang, kami harus mencukur kepala untuk menjaganya tetap bersih tanpa menggunakan air. Lalu, ayahku dulu mencuci mobilnya dengan air yang keluar dari selang. Sekarang, anakku tidak percaya bahwa air dapat digunakan dengan cara seperti itu.

 

Aku ingat bahwa dulu ada peringatan

HEMAT AIR !

 

di poster-poster , radio dan TV , tapi tidak diperhatikan. Kami pikir air akan selalu tersedia untuk selamanya. Sekarang, semua sungai, danau, waduk dan lapisan air bawah tanah kering atau terkontaminasi. Industri hampir berhenti dan pengangguran mencapai proporsi yang dramatis.

 

Desalinasi tanaman merupakan sumber utama tenaga kerja, dan pekerja menerima  sebagian dari gaji mereka dalam bentuk air minum. Serangan bersenjata di jalanan untuk satu jerigen air sangat umum terjadi. dan 80% makanan saat ini adalah sintetik.

 

Sebelumnya, jumlah yang direkomendasikan untuk minum air untuk orang dewasa adalah 8 gelas per hari. Saat ini, aku hanya diperbolehkan minum setengah gelas per hari. Kami sekarang harus mengenakan pakaian sekali pakai, dan ini meningkatkan jumlah sampah.

 

Kami menggunakan septic tank sekarang, karena sistem pembuangan limbah tidak bekerja karena kurangnya air. Tampilan luar dari populasi sungguh mengerikan: berkerut, tubuh kurus karena dehidrasi, penuh luka yang disebabkan oleh radiasi ultra violet yang sekarang lebih kuat tanpa perisai pelindung dari lapisan ozon. Kanker kulit, infeksi gastrointestinal dan saluran urine adalah penyebab utama kematian. Karena pengeringan yang berlebihan kulit orang-orang muda yang berusia 20 tahun terlihat seperti 40 tahun.

 

Ilmuwan menginvestigasi, tetapi tidak ada solusi untuk masalah ini. Air tidak dapat diproduksi, oksigen juga terdegradasi akibat kurangnya pepohonan dan vegetasi, dan kapasitas intelektual generasi baru sangat terganggu. Morfologi spermatozoa pada pria telah berubah banyak. Akibatnya, bayi dilahirkan dengan defisiensi, mutasi dan kelainan bentuk fisik.

 

Pemerintah mengharuskan kami membayar udara yang kami hirup, 137 m3 per hari untuk setiap orang dewasa. Orang-orang yang tidak mampu membayar akan diusir dari “zona yang berventilasi” zona berventilasi berupa paru-paru mekanik yang sangat besar dengan tenaga matahari. Udara tidak berkualitas baik, tapi setidaknya orang bisa bernapas.

 

Di beberapa negara, di mana masih ada beberapa zona hijau dilintasi oleh sungai, tempat ini dijaga oleh tentara bersenjata berat. Air menjadi harta yang sangat didambakan, lebih berharga daripada emas dan berlian. Di mana aku tinggal, tidak ada pepohonan, karena jarang sekali hujan. Ketika terjadi presipitasi, itu adalah hujan asam. Musim telah terpengaruh oleh uji atom dan oleh kontaminasi dari polusi industri abad ke-20 .

 

Kami telah diperingatkan untuk menjaga lingkungan, tapi tak ada yang peduli.

Anakku bertanya: Ayah! Mengapa tidak ada air? Kemudian, aku merasakan ada yang mengganjal di tenggorokanku! Aku tak bisa menahan rasa bersalah, karena aku termasuk pada generasi yang berkontribusi menyebabkan kerusakan lingkungan Sekarang anak-anak kami harus membayar harga yang sangat tinggi!

 

Aku sangat percaya bahwa dalam waktu yang singkat kehidupan di bumi tidak akan bertahan lagi, kerusakan alam saat ini mencapai tahap yang tidak dapat diubah.

 

Bagaimana aku ingin kembali dan membuat manusia mengerti …

Bahwa kita masih punya waktu untuk menyelamatkan Planet Bumi kita

 

 Dokumen ini dipublikasi di majalah “Crónica de los Tiempos” April 2002

Aku juga pengen kasih foto-foto menyedihkan di masa sekarang, supaya kita semua sama-sama introspeksi diri dan gak menunggu nanti untuk melakukan hal kecil yang membawa perubahan :

Sebenernya kalo dibahaw lebih lanjut aku bakal nangis dan merinding sendiri sih, mengingat ada satu pulau kecil di batam yang udah mulai terendam oleh air laut yang menaik. Pulau di kepulauan seribu yang dulu pulaunya ratusan kayaknya tinggal puluhan.

Kita yang berbuat, kita juga yang bertanggung jawab, Friends!!

berkaitan dengan hari Bumi pada tanggal 22 April ini, pasti banyak banget berita di google tentang Earth Day, tentang himbauan dan ajakan untuk lebih peduli ke Bumi. jadi, Jaga Bumi kita Dari Sekarang!!

P.S : Thanks for Google yang juga peduli dengan hari Bumi, hingga menjadikan perubahan musim sebagai Google Doodle-nya untuk hari ini. kalo gak ada Google Doodle yang bagus seperti itu, aku gak akan inget kalo hari ini hari bumi, karena seingatku hari Bumi itu tanggal 1 Juni (aku juga gak inget kenapa aku malah kepincut ke tanggal itu).

baek

7 thoughts on “Happy Earth Day 2013!!

  1. bener banget, Sa.
    kenapa harus ada contoh nyata dulu baru pada sadar? apa salahnya sih mencegah?
    kalau udah rusak gitu mau protes ke siapa? ke bumi? emangnya bumi salah?
    kadang emang susah buat hidup peduli sama lingkungan *contohnya saya*, tapi dikit dikit berubah ke lebih baik kan lama lama bisa jadi baik. dari yang sadar lingkungan 5 dan gak sadar lingkungan 10.000.000 lama lama bisa yang sadar lingkungan 10.000.000 dan yang gak sadar 5,
    emang menuju ke sesuatu yang lebih baik gak ada yang instant, semua butuh proses.
    AYO KITA BERJUANG! *berjuang apa coba?* FIGHTING!!!!

  2. iya, dari dulu aku juga udah sering berdemontrasi dengan tulisan-tulisan global warming atau menanam pohon setiap kali ada tugas ngarang esay, hm…tapi sayangnya ga dipublish sih cuma mendekam di tumpukan kertas tugas jadi nggak pada tahu.
    terus pernah sekali waktu aku masukin saran di kotak kritik dan saran yang ada di sekolahku biar sekali-kali melakukan kegiatan ‘Cinta Bumi’ dengan mengadakan penanaman seribu pohon meskipun setahun sekali. tapi sepertinya kotak itu tidak pernah dibuka atau kertasku terbang kemana waktu mbuka *maybe
    dan begitulah dengan yang lain-lain, emang kesadaran berawal dari diri sendiri tapi kalo ngajak orang terus nggak ada yang peduli, kita sama aja sengsara.
    Harusnya ada pemimpin yang tegas untuk mengatasi ini…
    so, fighting for Earth Day

    1. iyakah unn? unn gak nyoba ikut lomba essay online gitu unn? :3 aku kalo bikin essay yang rapi mah gak jago yah -_-

      di sekolahku malah gak ada kotak saran -_-
      iya juga sih unn… untungnya, bupati di daerahku lumayan (?) sadar unn… menanam seribu pohon pas liburan semester 1 kemaren.. mudah-mudahan bupati seterusnya juga ngikutin langkah beliau *_*

      fighting.. and thank you unn ^^

What Do You Think About it?

