About Siders


disini, aku cuma mau menyampaikan opini aku tentang mereka-mereka yang cuma ngunjungi satu website tanpa meninggalkan satu komentarpun. gak bisa dibilang “nggak meninggalkan jejak” ya, karena site stats kita selalu bertambah tiap harinya, nah, itu tanda kalo ada siders datang dan menghantui blog/website tersebut -_-” #tatapan mata takut

aku gak berniat untuk membela para artworker/author yang punya blog ber-siders, aku juga gak ada niatan untuk bela siders. aku disini berada di posisi netral–yeah, karena pada dasarnya aku itu dua-duanya, hahaha!!

1. Siders

aku pernah jadi siders, tapi itu dulu banget, ketika aku gak tahu tentang komen ato apalah. bahkan buat blog aja aku gak tahu caranya… hahaha #miris. Di blog aku yang dulu (syifasasa.wordpress), yang penting ada pengunjungnya aja aku dah seneng, karena dulu aku emang gak ahli dalam ngutak-ngatik blog. Jadi kubiarkan para siders bertebaran, karena menurutku blog abal-abalku gak pantes buat dikomentari.

setelah gabung di FFindo dan KyuyoungShipperIndo pada jaman dahulu kala (?), aku jadi sedikit ngerti tentang blog. Rasanya seneng banget begitu ada FF yang dikomentari sama readers. walau cuma “bagus thor”, “daebak thor”, rasanya seneng banget (b’cos i’m still young :3). Dan, aku gak marah meskipun ada siders. misal, di ceritaku yang “Let’s talk about love” (FF pertamaku), di stats nunjukin kalo readers-nya ada 400, nah, yang komen ada 25. berarti Siders ada 375 orang. Itu aku malah jingkrak-jingkrak. U Know? JINGKRAK_JINGKRAK!!

yeah, soalnya aku emang gak tahu apa-apa.

Setelah itu, banyak blog bertebaran yang di Welcome note-nya bilang “don’t be a silent readers”. Nah lo, aku bingung itu maksudnya apa? Silent readers? Pembaca yang diam? o.O

ternyata, maksudnya Silent Readers itu kayak gitu toh, yang baca FF, ato download PSD, ato download hasil artworker tanpa minta izin gitu namanya Silent Readers ato Siders.

aku cuma berpikir Rasional. kenapa mereka bisa jadi siders?

1. Males.
2. Gak tahu caranya kasih komen (Like mehhh… On the past time)
3. Gak tahu mau kasih komen apa.. misalnya, saking bagusnya tuh FF yang dibaca, ato saking rumitnya tutorial yang dibuat, ato saking bagusnya hasil art photoshop yang di upload, ato saking jeleknya tuh FF, saking gak bermutunya editan photoshop (stop..stop), jadi mereka bingung dan akhirnya memilih untuk gak kasih komen.

kalo aku, selalu berharap, setiap Siders di blog ini berada di poin ke-3 aja (tapi yang bagus-bagus doang sih XD)

selain itu, kalo misalkan semua readers disini kasih komen, pasti aku akan kelabakan gimana ngatur ni blog. viewers blog ini perhari ada 500-an #alhamdulillah. kalo lagi untung sih, lebih dari 1000 viewers, kalo lagi bangkrut, ya dapet 200 itu udah bagus.

dengan viewers sebanyak itu, dan semuanya kasih komen, gimana aku balesnya? o.O yah.. bukan berarti aku berharap kalian semua jadi siders (gua jitak kalo kalian semua yang awalnya good readers jadi siders!!!), tapi menurutku, sesuai prinsip Yin-Yang yang saling melengkapi satu sama lain, good readers dan siders itu selalu berdampingan.

dan mungkin, menurut aku, cara mereka menghargai hasil karya kita adalah “mengagumi karya kita dalam hati” (give applause to meh)

2. Blog’s Owner

ada satu alasan yang bikin readers males kasih komen adalah : Pemilik blog gak pernah bales Komentar mereka. okelah, Pemilik blog emang sibuk. tapi, setidaknya, ada lah… waktu luang sekitar 30-50 menit buat ngintip blog dan bales komentar yang ada di blog kalian. terkadang, aku ngerasa risih juga, ketika kita udah baik-baik kasih komen, eh, gak dibales. ato, kalo gak, pemilik blog cuma bales : “Sip.”, “tq”. mungkin kalian emang gak punya waktu untuk bales komen yang panjang kali lebar kali tinggi, tapi setidaknya kasih emoticons yang menghibur gitu kek… biar para readers yang udah berbaik hati kasih komen gak ngerasa kesel juga.

Misal juga, kalian udah mewajibkan adanya komentar di blog kalian dengan warning gede2 di welcome poster kalian, ato di postingan kalian lah, biasanya pake tanda seru, pake tanda yang aneh-aneh lainnya, bahkan pake warna merah… seperti :

SIDERS GO AWAY!!!

tapi, kalo kalian gak kasih balesan komentar, ya percuma juga dong. kalian udah minta komentar dari para readers kalian, berterimakasihlah pada mereka dengan membalas komentar mereka pake keramahan kalian.. biar mereka jadi seneng kasih komentar di blog kalian. walaupun Readers cuma komentar “Wah.. daebak, ditunggu lanjutannya ya!!” ya bales dengan baik deh, “Ok,.. makasih cinta ^^“. Apa sulitnya coba?

sekarang sih, banyak para pemilik blog yang suka marah-marah kalo ada siders, bahkan sampe ngancem, apapun yang ada di blog-nya bakal diproteksi, begituh… lebih baik introspeksi dulu deh, kalian berbuat baik gak sama readers kalian? kalian udah bikin readers nyaman gak, kasih komen ke kalian? kecuali,

KALO KALIAN UDAH BAIK KE PARA READERS TAPI MASIH BANYAK SIDERS!!

boleh di protect.

untuk kali ini, aku bela para Siders yang sebenernya baik. soalnya, aku juga Good readers yang terkadang menjelma jadi Siders gara-gara komentarku gak dibales, padahal aku sering lihat tu owner blog aktif banget update postingan di blog-nya. tapi aku lupa nama blog-nya apah.. toh gak penting juga buat diomongin.. entu aib😄

Jadi, aku cuma berusaha untuk melihat sesuatu dari segi positifnya ajah.. semoga, kalian yang awalnya Siders jadi good readers yak😀

 

Bye bye ^^

30 thoughts on “About Siders

  1. like like like ‘-‘)b
    emang sih gak kebayang kalau semua view (sekitar 300-an) kasih komentar ;A; pasti susah ngebalesnya ._.a
    btw, aku setuju artikelnya🙂 i like it like it like it :33

        1. iyah…😄 tapi kalo aku kok gak kesel ya? (u know, aku masih seperti yang dulu, jingkrak-jingkrak, apalagi ketika aku post baekYoung story yang 100 % yes, viewersnya sampe’ 1840😄 anugrah)

  2. Masalah sider ya -___-
    Aku mah kadang good reader kadang sider😄
    Yah kalo mau komen mood mood-an lah tergantung sinyalnya lah😄
    Kalo udah masalah sider udh ah aku diam -_-

    Masalah owner?
    Nyehehehehehehe
    Memang sakit hati sih kalo udah komen panjang panjang yah gag dibls, jadi malas aaaahhhh -_-
    Ngeeeh, aku kalo komen liat situasi aja lah, kalo rajin ya komen kalo mls ditingaal dulu.. jujur aja sih kalo udah baca gag komen itu rasanya gag enk😄

    1. ahaha… iya.. soalnya masalah Silent readers unn.. mending diem ajah… haha.. biar sama-sama silentnya.. haghaghag (?)

      iya… gitu deh… tapi kalo aku udah tahu ownernya suka gak bales komennya, ya udah, setelah baca aku tinggal😄

  3. ciyeeeeee adek gueeeee (?) tambah dewasa euy! *kuci2 sasa pake gemes* hahahaha

    iyasih sa, dulu pas awal2 kuliah kan aku jg punya blog, statsnya lumayan walo gak sedahsyat punyamu, tapi akhirnya tak tutup gegara gak keurus haha, apalagi tugas kuliahnya semakin menggila -_____-

    trustrus kadang aku juga jd yg nomer 3 sa, emg kesel sih kalo kita udah komen panjang2 tapi gak dibales sama authornya, sebelnya lagi tuh yg dibales cuma yg dikenal sama dia, kita, readers baru, yg kadang suka telat baca postingannya *tuding diri sendiri* gak pernah dibalesin komennya, keseeeel! *curhatan readers*

    pernah juga sa, dulu aku pernah ngasih advice sama seorang author, eh dianya gak terima, padahal aku udah ngasih taunya bae2, sama tak kasi screen cap bukti kalo yg dipostingin dia tuh ada yg salah, mbok ya dibenerin drpd dia bikin sesat readersnya, eh malah aku diomelin, yaudah kublacklist lah dr list author kece, mo sebagus apapun ffnya ato postingannya yg lain, gak bakal gue baca! gak sudi! *dendam readers yg gak dihargai*

    kok ane jadi curhat sih sa, kebiasaan niiih kalo udah mampir ke blogmu jd ngebacot yg enggak enggak hahahahahahahahaha *kaburfullspeed*

    1. ahaha… apa itu kuci2?😄 #pakk
      iya ya… kalo lagi banyak tugas terbengkalai banget perasaan -_-
      iyah… aku juga pernah merasakan itu unn.. sebel banget rasanya -_-

      ahaha.. pernah kayak gitu juga unn? Ya Ampyun (?), Sabar unn.. :3

      gak pa-pa unn.. curhat aja lagi.. haghaghag😄 gak usah sungkan… anggep rumah sendiri (?)

  4. aku ketawa dulu aja ahhh~ ini kok ngena banget ya sama pribadi aku sbg reader hahaha *buka aib -_-
    ehmm siders ya… kalo aku sendiri sih dapet siders di blog kaga ape” dah lumayan stats aku bertambah *alhamdulillah
    aku kagak pernah marah… soalnya pas liat stats dan viewers banyak aja itu udah bikin seneng😀 *tepoktepok tangan*
    alasan jadi silent readers itu aku pernah yang pertama yang 3 juga deng hahah. Untuk yang pertama itu ggra aku ada ulangan ato tugas berjubel ehh update FF kesayangan kan jadi males tuh kasih komen… soalnya baca FF kesayangan itu biasanya penyemangat sebelum ulangan *tips tuh*
    kalo yang 3 itu… ya kadang aku bingung juga kudu komen apaan. Aku bukan orang yang pandai bikin kata2 ato pujian buat seseorang… tapi aku bisa menghargai suatu karya orang lain *ceilah naon iyeu*

    Aku sering blog walking kemana2 nih kak… aku ini good reader(kadang sih) nah pas udah komen panjang2 karena itu ketentuan di blog itu… eh kagak dibales coba. sapaan pun kagak -__- emang sih ceritannya bagus2 tapi sombong baget tu orang. Dulu pas FF nya kagak laku ato biaasa aja dia baek2in eh pas udah banyak yang apresiasi dia jadi sombong kek gitu -_- dia cuman reply sama orang yang emang deket sama dia doang ishh -_-” kalo target komennya kagak sampe pasti chapter selanjutnya pasti di protect… oke dulu aku sabar dan komen dari awal… tapi aku jadi sakit hati juga karena aku readers baru disana kagak dikasih passwordnya ;;_;;
    Ahahaa… curhatan readers yang teraniaya… dan berubah menjadi siders kyaa~~ mianhae malah jadi tempat curhatan gini *biarlah* gomawo😀

    1. benarkah? ngena? hahaha.. berarti kmu satu spesies sama aku.. haghaghag #pakkk
      aku juga gak pernah marah lo saeng… kecuali kalo pada plagiat gitu #amit2
      oh… gituh ya? pokoknya,setelah ulangan,harusnya kasih komen.. haha #apaantuh?
      iya… makanya lebih baik mengagumi dalam hati😄

      ahaha..sabar dek… sabaar… orang sabar rejekinya lebar (?) gak pa-pa… curhat gak pa-pa kok ^^ makasih saeng ^^

      1. hagshagshags… (?)
        amit2 ih kalo ada yang plagiat… orang yang plagiat gak kretip banget lah -_-
        iya aku mau kasih komen nih di FF update disini hohoho^^ aku abis selese UN hari ini neeh. ahahah

        semoga rejeki makin lebaaaaar selebar lebaaaarnya (?)😀

  5. baca postingan ini mengingatkanku pada masa masa kelam, jaman gak punya blog, jaman gaptek jaman jadoel dan jaman purba kala.
    emang sih kadang juga kesel kalo stat banyak tapi gak ada yang ngomen, tapi itu KADANG. soalnya aku sadar sih kalo blogku jelek dan gak layak dikomentarin.
    bisa keok juga kalo setiap hari 1000 orang liat blog dan semua orang itu ngomen, pastilah habis kata kata di kamus anak baik. soalnya aku kalo ngasih komentar jarang banget dikit, rasanya gimana ya kalo ngasih komentar dikit? agak ngeganjel gimanaaa gitu, pasti pemilik blog juga lebih kerasa terangkat (?) kalo komentarnya gak singkat singkat alias merayap menganak ular (?)

    1. waktu nulisnnya aku juga inget masa-masa gelap gulita dulu -_-
      iya.. aku juga kadang… jarang malah ^^

      iya.. kalo 1000 orang komen semua, pasti bisanya bales cuma singkat-singkat doang T_T
      ahaha.. iya itu.. se7 :3

      tengkyu komoennya ya ^^

  6. suka suka suka! setuju sama eonni ^-^)/ ! terkadang aku siders kalo belom login wp nya, dan kalo udah login, malah kayak yang di poin nomer 3 itu, bingung mau komen apa coz ff/postingan terlalu rumit dimengerti, atau ff nya yang bagus banget sampai semua kata* gak ada yang bisa mengekspresikannya😛

  7. Dan, saat blogwalking aku nemu postingan ini, seperti melihat matahari bersinar saat senja tiba~ /halah
    Silent Riders.. topik yang selalu hangat dikuping para dunia blogger. Dan, mau ga mau kita harus mengakui bahwa keberadaan mereka pasti selalu ada. Ngga bisa dipungkiri, dan ngga bisa dihapus.. karena, yah siders itu bisa dibilang udah menjadi bagian dari dunia blog itu sendiri..

    dan, aku sukak sama postingan ini..
    begini, jika ada author yang memposting tulisan mengenai Siders, pasti kebanyakan mareka akan berkeluh kesah mengapa banyak sekali orang-orang yang memilih menjadi siders? Dan, rata-rata dari mereka kurang menyadari kekurangan mereka.
    Well, mereka selalu menuntut komen, komen, komen, dan komen. Mereka itu jadi lupa awal-awal mengapa mereka menulis ff, membuat art, dsb..
    Kalau aku pribadi sih, dulu aku memutuskan untuk membuata wordpress karena tertarik dengan dunia menulis yang bisa menerbangkan imajinasi kita ke dalam bentuk tulisan, dan membuat artpun sama. Dan, aku pribadi cukup menikmati saat-saat aku menulis dan membuat art.

    Begini, awal mereka menulis ff, membuat art, dsb.. itu karena mereka ingin merasakan bagaimana rasanya berkecimpung di dunia itu, tapi giliran mereka mendapat apresiasi seperti pujian, mereka jadi lupa apa tujuan mereka..
    ketika ada seorang reader yang memuji mereka, pasti mereka akan senang. Dan, mereka PASTI akan melakukan yang terbaik agar mendapatkan pujian. Aku sih ga munafik, aku jujur aku suka kalau ada orang yang memuji aku dan itu sempat membuatku lupa akan tujuan awal mengapa aku mulai di wordpress..

    Na, komen yang tidak dibalas! menurutku itu juga salah satu alasan mengapa banyak sekali siders di blog-blog terkenal dengan view yang cukup banyak.. readers yang komen juga pasti akan senang kalau komennya direply walau hanya satu kata saja. Terkadang author yang terkenal, mereka selalu menganggap bahwa “Comment is Everything.” dan, mereka jadi kurang intropeksi diri..

    Waduh, komennya aku kepanjangan ya ._. aduduuh, maaf aku jadi curhat gini kan O,O yaudah daripada kebanyakan komen ga penting, sekian~
    Makasih kak sasa udah mau berbagi postingan menarik🙂

    1. apa ini sayang? Komen kamu panjang x lebar x tinggi banget😄

      ok… matahari…. berarti nih postingan bersinar banget gituh yah sayang… cetar membahana badai😄
      iya…. iya… iya…😀
      saking panjangnya aku bingung bales gimana saeng… toh semua yang kamu tuliskan itu menunjukkan persetujuan yang bagus banget… aku jadi bingung…😄 sekaligus terharu :”)

      Gak pa-pa curhat saeng… aku kalo di sekolah selalu jadi kotak curhat bagi temen-temen… soalnya aku selalu seneng nendengarkan… yeah… walaupun aku gak bisa kasih jawaban atas curhatan mereka… tapi mereka puas kalo aku mau dengerin mereka dari awal sampe akhir, tanpa memotong ucapan mereka😀
      #eciehh…
      aku jadi curhat juga deh…

      iya… makasih kembali sayang :* makasih juga udah komen di postingan ini dan setuju sama postingan ini ^^

  8. Aheuuu aku suka juga sama postingan ini.. telat sih, tapi telat bukan berarti ga berguna. Postingan ini berguna all the time..
    Siders… bener banget… sebagai author aku jg nemu siders dimana2 ffku berada.. semoga aja alasannya yg nomer3, karena klo sampai alasannya yg nomer 1, itu namanya kelewatan… heuheuehu

  9. Hai kak Sasphire/kak Sasa^^
    Aku baru ngeliat blog kakak, dan keren banget.
    Fyi, aku juga setuju sama kakak. Sider bisa muncul juga karena kita yang gak ngehargain mereka, aku juga sider *hihi. Dan baru berusaha ngomen (karena aku online di HP jadi sulit komen) setiap post yang aku baca. Aku juga author yang sakit hati kalau FF nya gak ada yang berusaha niat komen, setidaknya kasih semangat. Tapi aku gak pernah ngeluarin sumpah serapah untuk sider

  10. Hai, Sa.🙂
    Iseng-iseng mampir ke blog-mu dan baca tulisan ini. Siders itu memang topik menarik untuk dibicarakan.

    Saya setuju banget sama pendapatmu. Kita nulis karena suka, kan? Karena hobi. Harusnya siders gak jadi masalah.
    Jujur aja ya, viewers blog saya tu sedikit banget. Di bawah angka 50. Gak ada viewers selama beberapa hari pun pernah dan gak jadi masalah buat saya. Postingan saya emang agak jarang. Sebulan satu postingan minimal.

    Dengan viewers sedikit ini, saya sadar ternyata saya tetap bisa menulis walaupun banyak siders dan sedikit banget yang berkomentar. Yah karena emang dari awal nulis cuma buat hiburan aja. Komentar cuma poin plus.

    Dulu saya pernah mempermasalahkan siders di blog, tapi seiring dengan berjalannya waktu udah gak lagi. (Makin dewasa nih ceritanya XD)

    Sadar diri lahh, saya juga terkadang masih jadi siders. Hahahahha😀

    Sorry yaa, saya nyepam komentar.😄

What Do You Think About it?

