[Tutorial] Abstract Wallpaper


cover

2nd Tutorial : Abstract Wallpaper

Please Read it, Give a good comment, and appreciate it

 

 

Ok… aku jadi semangat buat tutorial karena komen kalian di 1st tutorial yang kemaren😀 jadi, aku sengaja buat ini untuk kalian ^^ fresh from the oven

Bahan :

model, lens flare, paint tossing, splatter brush, sky texture

  1. Buka file baru di photoshop kalian, karena sekarang buat wallpaper Widescreen yang HD, makanya ukuran yang diperlukan 1920 x 1200.
    1
  2. Lalu, fill background dengan gradien hitam-turqouise (00d2f8)
    2
  3. Place foto yang akan kalian edit (aku pake Yoona Unnie, PNG File)
    3
  4. Hapus beberapa bagian tubuh Yoona dengan splatter brush (yang ditandai panah merah).
    4
  5. Lalu, buat layer baru dengan memencet tombol Ctrl + Shift + N. Itu akan jadi media utama untuk menambah efek splatter di tubuh model.
    5
  6. Gunakan brush berbentuk splatter yang sejenis dengan brush yang kalian gunakan untuk menghapus tubuh yoona tadi, lalu cocokkan warna brush dengan bagian tubuh Yoona yang tadi di hapus.
    6
  7. Buat layer baru lagi dengan cara yang sama seperti nomor 5 dan kegunaan yang sama. Bedanya, layer di poin 5 kalian letakkan di bagian bawah tubuh Yoona, sedangkan layer baru ini digunakan untuk di atas tubuh Yoona.
    7

    7-a
    (yang dilingkari merah itu layer splatter)

  8. Hasil sementara begini ^^

    8

  9. Lalu gunakan dodge and burning tool. Tutorial ini ada di PSDbox.com ^^. Secara garis besar, untuk penggunaan dodge and burning, gunakan dodge dengan warna putih untuk bagian tubuh yang terang, lalu gunakan burn dengan warna hitam untuk bagian tubuh berwarna gelap. Jadi, gunanya dodge and burn itu untuk menegaskan dan membuat hasil editan jadi lebih artistik.
    9
  10. Dan maaf ya… ada sedikit yang kelupaan. Di atasnya background yang ber-gradient, place texture Langit. Ubah ke Black and White mode dengan cara klik Image >> Adjustment >>> Black and White. Lalu hapus bagian yang nggak penting, Lalu ubah blend layer ke Overlay
    10

    10-a

  11. Jadinya kayak gini ^^

    11

  12. Ok. Lanjut. Sekarang ke aksesoris (?) wallpaper.
  13. Gunakan brush kalian untuk membuat efek space ato galaxy ^^ tentu saja menggunakan layer baru (Ctrl + Shift + n).
    12 12-a
  14. Setelahnya, Place file dari media millita berupa paint tossing. Kalian bisa pilih sesuka hati kalian, karena satu file ada 20 jenis paint tossing ^^. Disini aku place di tangan Yoona dan mengubah warnanya ke warna kulit Yoona.

    13  13-a

  15. Kasih Efek lightning dengan brush biasa yang hardness-nya 0 %. Terserah pakai ukuran berapapun dan pake warna apapun, tentunya dengan layer baru. Setelah dirasa cukup, ubah blend mode-nya jadi overlay ato screen.
    14 14-a
    Lalu, select all layer, kecuali background, Sky texture, sama layer dodge and burning. Pergi ke tab layer >> merge layer.
  16. Setelahnya, buat layer baru lagi (mianhae, aku emang suka banget main layer), untuk layer ini, kalian klik Rectangular marque tool dan membentuk persegi panjang, lakukan seterusnya sampai 5 kali (kalian bisa membuat lebih dari 5-10, asal persegi panjangnya jangan terlalu lebar. Buat sesempit mungkin, namun panjang).
    15-a
  17. Untuk membuat seleksi yang berjajar gitu, setelah berhasil membuat satu persegi panjang dan akan membuat persegi panjang kedua, pencet tombol shift bersamaan dengan saat menggeser kursor.
  18. Fill layer baru itu dengan warna yang kalian inginkan, setelahnya klik kanan >> deselect.
  19. Setelah beberapa penyesuaian, letakkan layer baru itu ke atas tubuh Yoona.
    16
  20. Seleksi layer baru itu dengan magic wand tool, lalu klik layer Yoona (yang tadi di merge layer), lalu klik kanan >> Layer via copy.
  21. Setelah itu, hapus layer bantuan tadi (kalo di gambar Yoona yang di atas, Layer bantuannya yang berwarna turqouise yang miring itu).
    17
  22. Coba kalian geser layer baru yang ada di atas tubuh Yoona?
    18
  23. Setelahnya, Place optical lens flare dari PSD box. Atur kemiringan lens flare sama dengan kemiringan layer baru yang ada di atas tubuh yoona (aku pake -450).
    19
  24. Ubah blend layer dari Normal ke Screen untuk menghilangkan Background berwarna hitam. Kalau kalian mau, kalian copy layer Lensflare ini jadi 2 hingga hasilnya kayak gini.
    20
  25. SELESAI ^^
    Yoona-1024

Kenapa yang aku upload di sini malah yang resolusinya 1024 x 768 px? karena yang HD mau aku upload di DeviantArt ^^ semoga suka ya… Kalo ada pertanyaan, tulis di komen box ^^

69 thoughts on “[Tutorial] Abstract Wallpaper

      1. Hahaha… project dr Tutorial mu yang kemaren aja belom selese sekarang aku pen nyoba yang ini pokonya hahaha😀
        oh ya ka, kalo ngubah paint tossing yang deket Yoona gmna? itu doang dulu keanya.. klo ada pertannyaan lagi aku komen lagi ehhehe😀
        aku suduh khusu(?) dan sudah berniat bisa kok hohoho… karena aku pen bisa hihihi😉

        1. aku juga lupa… waktu aku belajar dasarnya photoshop pernah di jelasin sama abah, tapi sekarang lupa DX soalnya abah lebih suka corel -_-

        2. galaxy? pake brush saeng… kamu cari di google bisa sih, galaxy brush… tapi kalo yang bentuk rasi bintang itu aku pake brush biasa… diameter 1 px…. kamu gerakkin brush sambil pencet Shift, biar bisa lurus🙂 trus, di setiap belokan (?), pake brush biasa juga, tapi diameter-nya 7 px…

  1. kak sasa ini rumit ya ._. aku coba baru bisa sampe part 3 doang, selanjutnya udah stuck di tengah jalan u,u
    sumpah aku ga paham cara ngehapus pake slatter itu kaya apaan u,u

    tapi, berarti kak sasa hebat bisa buat wallpaper sesulit ini xD

    1. gak rumit.. kalo kita tahu dasarnya, pasti gak rumit ^^ itu splatter sayang… Kan ada tulisan “Bahan”, dibawahnya ada tulisan “Model, splatter brush, dll…” nah, splatter brush itu kamu klik, kamu tinggal download brush-nya ^^

      gak hebat…. di tempat lain banyak yang jauh lebih hebat ^^ soalnya ini cuma kumpulan dasar-nya aja, aku belum pake adobe illustrator dan blah-blah yang lain T_T #akupengen

  2. uwa…sasa, aku suka!
    tutorialnya ada, cobain ah…
    kmu klo buat wallpaper kok bisa match gitu, aku biasanya tahu caranya tapi susah matchingin.a
    good job deh! ^_^

    1. Wah… makasih unn… kalo hasilnya udah ada.. kasih link-nya dong unn😄 aku pengen tahu😄

      masa’ sih unn? #tersipu
      kalo unn lihat gallery-ku yang sasAmazing Gallery yang Showwallpaper itu banyak yang gak match kok unn… beneran… soalnya itu editan waktu masih amatir -_- dan sekarang juga masih amatir -_- kalo di deviantart punyaku jelek sendiri DX

      1. sip…;)
        iya masa bagus begitu paling jelek, seni itu ga da yang jelek kok, semua bagus tinggal menjiwai saja, #ceile
        ntar ya aku coba dulu, hehe cos aku lebih sering ngedit poster ketimbang wallpaper. klo editan wallpaper masih abal-abal deh punyaku hehe tapi ga apa-apa namanya aja belajar otodidak yya begitulah

        1. eh… iya juga sih unn :3

          berarti unn kebalikannya aku ya? hehe😀 aku malah keseringan bikin wallpaper daripada cover ._.v

          iya unn… semangat ^^

        1. kamu line berapa to? kok manggil aku Sa begitu? yah… maksudnya, biasanya manggil saengi, atau Unn… kalo seumuran ya Sa… aku line 97….

        2. oh… harusnya dijelasin gitu… biar gak salah paham DX Mian deh… terus, situ lahir bulan….? januari kah? :3 sebenernya aku orangnya gampang respect ke orang lain, asalkan orang itu intro dulu…. -_-

        3. Duh sasa/unnie(?) maaf ya :s iyadeh aku intro dulu ya._.(?)
          Namaku Shafira Firdaus🙂 But usually called by ‘Ila’. Aku lahir september 9 1997._.
          Sasa lebih tua ya?._. maaf ya gasopan><

  3. iih.. keren !!
    suka!!
    tapi sedikit bingung ngebayangin cara ngebuatnya..
    tapi ntar dicoba dehh…

    ahaha.. baru tau kalau saeng umurnya sama dgn adek aku..
    /plaak ketauan g baca bio waktu di ifk/
    salam kenal saeng🙂
    ehehe…

What Do You Think About it?

