My Reason About the Readers


entah kenapa, lagi pengen ngetik hari ini… mungkin karena besok gak ada pelajaran yang mengancam, misalnya, pelajaran yang ada PR-nya atau ulangan, semacam itulah… makanya, khusus hari ini aku punya waktu luang. Bahkan hari minggu pun bukan pengecualian karena itu malah waktu paling pas untuk ngerjain PR, dari pagi sampe malem, non stop (palingan cuma buat makan, mandi, solat).

mending waktu luang itu aku gunakan buat surfing di blog-ku tercinta ini.

gini… Readers itu dibagi jadi dua ya? setahu aku…

  1. Good Readers, and then
  2. Silent Readers

diantara dua itu aku gak pernah membedakan. keduanya sama aja sih, sama-sama baca kan ya? mereka sama-sama suka sama cerita yang aku karang, ato editan-ku.

Good Readers itu, readers yang rela menyisakan waktu luang-nya mereka untuk mengomentari setiap cerita yang aku buat. Thx banget yang mau kasih komen, merasa seneng banget🙂 apalagi yang isinya menandakan bahwa mereka suka banget sama ceritaku T.T #terharu

dan Silent Readers itu, readers yang rela menyisakan waktu luangnya untuk membaca cerita, namun gak kasih komen. sebenernya aku bukan orang yang terlalu banyak nuntut. mereka mau baca itu aja aku udah seneng banget lo, berarti ada yang suka. tapi jangan keterusan jadi Siders juga sih -_-

bahkan hidupku ini (?) udah berdampingan banget sama readers, entah itu Good Readers ato Siders. misal, gini… di FF BaekYoung Story misalnya. masing2 part selalu ada 304 viewers. tapi yang komen cuma 20 orang. dan Unpredictable Kiss, itu ada 600 viewers, tapi yang komen, mungkin ada 20 juga #lupa sih.

tapi, justru karena banyak yang suka itu, aku jadi semangat untuk nerusinnya. See…. aku gak pernah mutung hanya karena banyak Siders bergentayangan. aku mutung karena Good Readers yang kadang kasih komentar Alay (baca disini).

Readers itu penyemangat buat aku. Komentar yang membangun itu juga penting bagiku.

dan aneh mungkin bagi kalian, kenapa aku tetap memilih untuk bersahabat sama Siders?

karena aku berpikir, saat kita jadi novelis nanti, emangnya ada readers yang kasih komentar secara langsung ke kita? kecuali lewat twitter ato FB. bahkan kebanyakan readers kan memilih untuk beli novel, dan baca di rumah. lalu mengaguminya dalam hati. nah… bukankah kekaguman yang tak terucapkan secara perkataan itu udah bisa dibilang Apresiasi yang tak kasat mata? (ecieee…. )

nah… aku anggap ini sebagai latihan aja. Tulisan yang kita tulis di Blog, itu adalah tulisan yang kita publikasikan ke masyarakat, dan masyarakat itu mengaguminya dalam hati, sama kayak Siders. Siders yang selalu semangat baca setiap part baru itu adalah masyarakat yang gak sabar nunggu kelanjutan setiap alur dan konflik yang ada.

coba kita pikir, siders itu adalah readers pertama di setiap FF. (ya iyalah).

bahkan, tanpa sepengetahuan kita, kadang mereka jadi promotor secara gak langsung.

aku pernah ngalamin, aku pernah main di facebook. liat-liat akun fb para EXOtic. ada salah satu percakapan yang aku inget

A : “aku pengen baca FF tentang EXO nih… ada yang bisa kasih tahu, FF yang bagus tentang EXO dimana?”

B : “di FFindo banyak kok….”

A : “makasih…”

C : “Yang romance juga ada.. bagus banget….”

A : “iyakah? apa judulnya?”

C : “EXO in Love, itu oneshoot series. masing2 member punya cerita sendiri2..”

B : “Ah… iya… itu aku pernah baca…. bagus lho….”

A : “Wah… aku cari deh…”

C : “Biar mudah, carinya gini : EXO in Love sasphire”

Ok… aku gak inget siapa nama mereka, karena saat aku pengen nge-add orang-orang baik itu, terjadi kutukan Mahasial bernama “Server not Found” dan itu menandakan pulsa modem abis. Aku merana seminggu.

tapi, aku sempat lihat nama mereka. gak ada tuh, diantara mereka yang pernah komen di FFku. ato mungkin nama akun wp mereka beda dengan nama FB mereka. Tapi seandainya mereka bener2 siders, bukankah mereka orang baik?

semua readers itu, entah good readers ato Siders, mereka itu orang baik. kalo suka, mereka pasti suka, dan bakal kasih dampak positif ke kita.

So…. bagiku Readers itu segalanya… tanpa kalian aku gak akan bisa nulis dengan baik seperti sekarang…

 

Thx para Sasphire😀

 

9 thoughts on “My Reason About the Readers

  1. daebaknya dirimu, eonni… aku sampe terharu lho T_T
    aku gak tau mau ngomong apa lagi. begitu banyaknya kata-kata yang bisa kita ucapkan dalam bahasa apapun, aku cuma bisa bilang begini…

    jangan putus asa dalam menulis ff apapun. jangan karena komentar tipis, ide langsung menipis🙂 hwaiting, and keep writing🙂

    dah, itu aja. pendek kan ? ._. kudoain sasphire (panggilan buat fans eonni kan?) semakin banyak. amiin😀

  2. Wah,Eunnie bener2 keren abis dah..! Maaf ya Eun,aq setiap kali’ baca tulisan Eunnie suka enggak coment,😛 Abis takut sich, -_- Entah kenapa aku takut.. Mungkin,gerogi ketemu idola kali’ ya..! #plakk! Oh ya Eun,aku juga suka lho promote2 cerita Eunnie di Blog ini.. Ya inilah namanya Sasphire sejati,😛 Hehehe.. Eunnie,emang the lah! top markotop! #alay kumat -_- Hehehe..

  3. Duh, pas baca postingan ini tuh jadi inget dulu pas awal” baca ff di ffindo itu, unni adalah siders. Tp ada alasannya loh unni jd siders, yaitu unni blm tau soal wp, ksh comment gmn, dan unni pikir unni klo ksh comment itu hrs pny wp pdhl kenyataannya ga bgtu. Untungnya lama” pikiran unni ini sdkt membaik, jd bs bljr soal wp dll.^^ Jadi Sasa, unni minta maaf ya klo dulu smpt jd siders. Tp tnang aja skrg uda ga lagi. Hehe..

    Aku setuju nih sm isi postingan Sasa, mnrt unni, setiap org pny alasan masing” saat menentukan pilihannya baik jd good readers maupun sebaliknya. Jd mmg sebaiknya kita berpikiran positif dan menghargai pilihan mereka. Klo kita di posisi mereka pun pasti pgn dihargain jg. Dan di dalam kehidupan, selalu ada 2 sisi yg bertolak belakang. Mau ga mau, kita hrs bljr menerima bkn?

    Sasa, para sasphire jg berterima kasih loh sama sasa krn sasa selalu kasih inspirasi melalui karya” sasa.^^

  4. ahh, keren deh semangat menulisnya. memang sih terkadang orang sedih gara2 siders tp itu jg pilihan masing2 penulis, sama halnya kaya pembaca. dy mw jd good or siders. eon dlu jg sempet jd siders gara2 ga ngerti wp tp skg sih uda tobat koq..hehehe sasa fighting~

  5. Halo unni, zola imnida (waktu itu unni yang nge-invite aku di FFIndo :-D).
    Mampir ke blog unni awalnya pas lihat di multi chat, unni nulis link yg my reason about the readers, dan akhirnya karena penasaran aku klik deh hehe.
    Aku setuju sama unni, apalagi yang pas bagian A-C itu, bacanya jadi ikut ngerasain. Oh ya nanti aku baca ff unni yang Unpredictable Kiss ya, sebenarnya udah lama pengen baca tapi baru akhir2 ini lagi suka banget sama Baekhyun. Jadi, nanti aku baca ff unni yang itu ya^^

What Do You Think About it?

